Pengertian 5W & 1H


Ok, kembali lagi di blog saya. Kali ini saya akan membahas 5W & 1H. Ini pasti sudah tidak asing bagi kalian semua tetapi tidak apa-apa ya untuk mengingatkan kembali. saya akan memberikan sebuah cerita dimana cerita itu mengandung Unsur,,, Wahh Unsur apa ya ? tenang Unsur disini yaitu unsur 5W & 1H. Ok ini ceritanya :
 
     Kancil dan Tikus merupakan seorang sahabat. Pada suatu pagi mereka bermain di hutan. Tiba-tiba seekor singa datang menghampiri mereka. Mereka ketakutan melihat singa yang begitu ditakuti di hutan datang. Singa pada saat itu lapar dan ingin memangsa mereka berdua. Kancil dan tikus kemudian lari ketakutan.
Ok itu sepenggal cerita dari saya, kali ini kita akan mencari Unsur 5W & 1H dalam cerita singkat itu;
1. Who ( Siapa )
    Contoh Soal : Siapa yang bermain di hutan ?
    Jawaban : dari cerita di atas dapat kita jawab yang bermain di hutan adalah kancil dan tikus. Itu            terdapat pada kalimat kedua.
2. What ( Apa )
     Contoh Soal : Apa yang kancil dan tikus lakukan di hutan ?
     Jawaban : Kancil dan Tikus. Kalimat kedua itu adalah kunci jawabannya.
3. Where ( Dimana )
    Contoh Soal : Dimana Kancil dan tikus bermain ?
    Jawaban : Mereka bermain di hutan. masih sama kunci jawaban terdapat pada kalimat kedua.
4. Why ( Kenapa )
    Contoh Soal : Kenapa kancil dan tikus lari ketakutan ?
    Jawaban : Mereka lari karena ingin dimangsa oleh singa. Kali ini kunci jawabannya terdapat pada      kalimat lima.
5. When ( Kapan )
   Contoh Soal : Kapan kancil dan tikus bermain di hutan ?
  Jawaban : Mereka bermain di hutan pada suatu pagi. Kali kunci jawaban pada kalimat kedua.
6. How ( Bagaimana )
   Contoh Soal : Bagaimana cara kancil dan tikus agar tidak dimangsa singa ?
Jawaban : dengan berlari ketakutan. Kunci jawaban ada di kalimat terakhir.
Ok Jadi Kesimpulan dari Artikel saya kali ini bahwa 5W & 1H ada dalam sebuah cerita. Karena ini juga merupakan unsur pembangun sebuah cerita.
Ok Cukup Sekian artikel kali ini. Sampai jumpa di artikel yang selanjutnya. Jangan Lupa Ikuti Blog Saya☺

Share:

No comments:

Post a Comment

Translate

Selamat Datang Di Fajar Setyawan Blog Terima Kasih Telah Berkunjung :)

Popular Posts

Powered By Blogger

Kontak Saya

Name

Email *

Message *