Langkah Membuat Kabel UTP Tipe Cross

Ok Kali ini kembali lagi di blog saya. Kali ini saya membuat artikel tentang cara membuat Kabel UTP tipe CROSS dan cara menghubungkan 2 PC dengan Kabel tersebut. Ok langsung saja simak artikel saya.
Menghubungkan 2 PC dengan Kabel UTP Tipe CROSS
Hari ini tanggal 29 Januari 2018. Saya dan teman saya diberi tugas oleh Guru ( KJD ) saya untuk membuat kabel UTP untuk menghubungkan 2 buah PC. Awalnya kami diberi pengarahan bagaimana cara pemasangannya, Kemudian Kami diberi 3 buah RJ45 ( 1 sebagai cadangan ) dan seutas kabel. Selain itu, Kami diberi sebuah Alat untuk memotong atau mengupas kulit kabel & Alat Crimping, serta Alat Test Kabel UTP. Lebih lengkapnya begini cara Pemasangannya :

1.       Siapkan Kabel dan RJ45.
2.       Potong Kabel Secukupnya ( Minimal dari PC 1 Ke PC 2 ) menggunakan Alat yg sudah disiapkan, Setelah itu kupas Kulit Kabel.
3.    Setelah itu kita akan melihat bagian – bagian Kabel.
4.    Setelah itu Luruskan kabel sesuai tipe yg diinginkan ( Kali Ini Saya dan teman saya menggunakan tipe CROSS. Ini urutan kabel Tipe CROSS ). Untuk urutannya bisa cari di google.
5.       Jika Sudah diluruskan pasang kabel ke RJ45. Tekan Kabel ke dalam RJ45.
6.     Jika Sudah Crimping kabel menggunakan alat Crimping.
7.       Lihat Kembali apa kabel sudah sesuai urutan.
8.       Test Kabel UTP apa sudah benar, menggunakan alat Test Kabel.
9.       Jika Sudah Pasang Kabel UTP Ke 2 Pc yg ingin Dihubungkan. Mulai dari beranda Windows kita klik taskbar Network, Kemudian Klik kanan dan Pilih Open Network and Sharring Center.



            10.       Setelah itu kita akan masuk ke setting Network Kemudian Pilih Change Adapter                                   Setting.Pilih LAN klik kanan Properties.

11.       Setelah itu Klik IPV4 dan Klik Properties. Setelah itu Klik Use the Following IP                 address. 

12.      Kemudian Masukkan Ip Address ( 2 PC berbeda IP Address ) masing – masing. Disini saya pakai      IP Address yang sudah diberikan oleh guru saya. Kemudian Klik OK dan OK Lagi.
13.        Setelah itu kita akan mendapatkan Subnet Mask. Kemudian Kita Close.
14.         Kemudian kita tekan Windows + R dan tulis cmd. 

15.       Kemudian kita tulis ping ke IP Address yg ingin diping ( PC 1 Ke PC 2 dan sebaliknya ). Jika Sudah dan berhasil maka tampilannya seperti ini. 

       Ok Saya Kira Cukup Sekian Artikel Kali Ini. Terima Kasih dan Jangan Lupa Ikuti Blog Saya dan lihat Artikel - Artikel Saya.




Share:

No comments:

Post a Comment

Translate

Selamat Datang Di Fajar Setyawan Blog Terima Kasih Telah Berkunjung :)

Popular Posts

Powered By Blogger

Kontak Saya

Name

Email *

Message *